Broadcasting

Contoh Proposal Pembuatan Radio Swasta

PROPOSAL
Radio Siaran Swasta ( Komersil )
Dalam Menunjang Kemajuan Daerah dan Prospek Bisnisnya
I. PENDAHULUAN
- Landasan Pemikiran
Dalam mengikuti dinamika kehidupan masyarakat dan kemajuan daerah yang luar biasa, peran
dan fungsi sebuah media menjadi bagian yang tidak terpisahkan sesuai dengan kebutuhan dan
peruntukannya.
Radio Siaran Swasta adalah media yang memiliki kelebihan tersendiri dibanding media lain
dalam menunjang kemajuan daerah.
Realitas yang ada dari sebuah Radio Siaran Swasta yaitu ;
1. Sebagai sarana hiburan paling murah bagi semua kalangan.
2. Sebagai media informasi paling ampuh dan efektif, karena bisa didengarkan dalam keadaan
apapun.
3. Sebagai media komunikasi paling efisien antar masyarakat dan atau Pemerintah dengan
masyarakat.
4. Berpengaruh kuat bagi semua kalangan masyarakat.
5. Sangat prospektif dalam bisnisnya ( Profit Oriented ).
II. MAKSUD DAN TUJUAN
1. Mendorong masyarakat untuk lebih banyak menerima informasi tentang perkembangan dan
kemajuan daerahnya.
2. Mendorong masyarakat untuk lebih menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.
3. Mendorong masyarakat untuk berani menyampaikan aspirasi dan berkomunikasi dengan
Pemerintah daerahnya.
4. Memberikan kontribusi terhadap upaya Pemerintah Daerah dalam sosialisasi / pelaksanaan
program pembangunan.
5. Menambah ( sebagai ) asset daerah dibidang media elektronika.
III. DAYA TARIK RADIO SIARAN SWASTA
1. Kualitas modulasi dan daya pancar.
2. Visi dan Misi yang jelas dalam program.
3. Mata acara yang punya materi menarik ( Lagu, Informasi, Pendidikan ).
4. Penempatan mata acara yang tepat ( sesuai denga situasi ).
5. Koleksi lagu ( Diskotik ) komplit dan bagus.
6. Gaya Penyiar menawan dan membawa suasana acara dan pendengar jadi hidup ( tidak
monoton ).
7. Ada kegiatan Off Air ( Darat ), baik berkala maupun temporer.
IV. TARGET PENCAPAIAN ( Tahap Ideal )
A. Segi Popularitas.
1. 3 ( tiga ) bulan pertama adalah masa pengenalan nama radio.
2. 3 ( tiga ) bula kedua adalah masa pengenalan program ( Acara ) dan penjajakan pasar.
3. 3 ( tiga ) bulan ketiga adalah masa pemantapan program dan pemasaran.
4. 3 ( tiga ) bulan keempat dst, adalah masa pencapaian target penjualan.
B. Segi Bisnis.
1. 1 ( satu ) tahun pertama adalah masa upaya menutupi biaya operasional radio perbulan.
2. Tahu kedua dst, adalah masa upaya profit oriented ( menuju kondisi stabil ).
V. SEGMEN PENDENGAR
Segmen pendengar ditentukan oleh program / format mata acara yang dibuat, seperti contoh ;
- Dewasa kelas menengah keatas
- Dewasa kelas menengah kebawah
- Dewasa semua kelas

VI. PROSENTASE PROGRAM
Contoh ;
? Hiburan : 40 %
? Informasi : 20 %
? Pendidikan : 25 %
? Komersil : 15 %
VII. JENIS INCOME RADIO
1. Adlips Record ( Spot ) promo produk perusahaan atau lainnya.
2. Adlips ( Ikan Baca ) promo produk perusahaan atau lainnya.
3. Spot Time Signal.
4. Block Program ( Interaktif atau sponsor acara )
5. SMS 4 digit ( empat angka ) bekerjasam dengan Selular Telepon.
6. Program Off Air.
7. Dan lain – lain yang bisa diupayakan setelah berjalannya radio.

VIII. COST OPERASIONAL RADIO ( Rutin )
1. Gaji Karyawan.
2. Pembayaran Listrik.
3. Pembayaran Telepon.
4. Pembayaran Air PDAM.
5. Pemeliharaan Alat.
6. ATK dan Rumah tangga Studio.
7. Operasional Lapangan ( Marketing)

Sumber : http://documents.tips/documents/contoh-proposal-pembuatan-radio-swasta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar